Kupi khas Meulaboh ” Kupie Tubroek”

Duduk di pinggiran pantai, sungguh mengasikkan dengan disungguhi panorama yang begitu indah memberi kesenagan sendiri. angin yang berhembus dingin menyentuh pori – pori kulit yang terluar. hufft.. sungguh menyenangkan ketika berada disini.

Tepatnya  berada di suak ribee, Kab. Aceh Barat. Kec. Johan Pahla

Kupi khas kota Meulaboh

Kopi Khas Kota Meulaboh

wan, disini banyak kita jumpai pondok Cafee yang berjejer, tak perlu repot – repot membawa bekal makanan, toh disini juga banyak menyediakan makanan khas aceh, diantaranya : Rujak Aceh, Mie Aceh, dan tak kalah rasanya dibandingkan dengan yang lain adalah kupie tubroek, rasanya beda dengan yang lain serta proses penyanjiannya tak sama dengan yang lain yang dituangkan kedalam gelas.

Ketika duduk di pinggiran pantai anginnya begitu dingin, namun kopi tubroek ini tidak berpengaruh dengan cuaca disekelilingnya, mau tau kenapa ?, proses penyajiannya begitu unik, umunya kopi yang kita minum dihidangkan dengan cara gelasnya menghadap keatas, namun kopi tubruk ini disajikan dengan gelas terbalik. aneh bukan,? lalu bagaimana kita meminum kopi tersebut yang gelasnya terbalik, dan tidak celah yang terdapat dibawahnya.

nah, begini caranya, sewaktu penyajian kopi ini sudah disiapkan sebuah sedotan panjang. sedotan ini kita gunakan untuk mengeluarkan air kopi yang berada di balik gelas tersebut, tapi bukan dengan cara kita menyedotnya, tetapi keunikan dari kopi tubruk khas meulaboh ini adalah, cara meminumunya dengan cara menghembus dahulu air kopi yang berada dalam gelas tersebut, perlahan – lahan air ini keluar. lalu bisa deh, kita meminumnya.

kopi tubruk ini sama halnya dengan kopi saring yang di sajikan di kedai – kedai kupi yang banyak terdapat di aceh, namun jika kopi saring terlebih dahulu disaring kopinya agar tidak terdapat bubuk kopi, tetapi kopi tubroek justru biji kopi kasar yang disajikan, tentunya kopi tubruk ini aman dikosumsi para penderita diabetes, karena tidak ditambahkan gula sama sekali. waktu kita menikmati kopi tubruk ini kita perlu pelan – pelan menghembus kopi tersebut, lantaran jika kita menghembus dengan kencang, nantinya akan keluar biji – biji kopi kasar ini.

selama ini kita mengetahui kopi Takengoen terkenal dengan rasanya, nah kita bisa membuktikan diatara kopi tersebut yang mana paling terkenal kenikmatannya. silahkan menikmatinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s